Welcome to Ed-Technologies part of Akashi Pedia Indonesia.

Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

lishiafel

    


Teknologi pendidikan telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir dan membawa perubahan besar pada dunia pendidikan. Konsep dasar teknologi pendidikan telah dibahas dan dikembangkan oleh organisasi profesional di bidang teknologi pendidikan, seperti American Educational Communication and Technology (AECT).

    Menurut AECT, teknologi pendidikan adalah "pembelajaran melalui penggunaan teknologi dengan tujuan memperbaiki kinerja manusia". Konsep ini melibatkan penggunaan teknologi dalam semua aspek pendidikan, termasuk pembelajaran, pengajaran, pengembangan kurikulum, manajemen dan administrasi, serta penelitian dan pengembangan.


AECT mengidentifikasi empat komponen utama dalam konsep dasar teknologi pendidikan:

  • Komunikasi: Teknologi pendidikan digunakan untuk memfasilitasi komunikasi antara peserta didik, guru, dan anggota staf pendidikan lainnya. Teknologi ini dapat meliputi alat komunikasi seperti email, chat, dan video konferensi.
  • Pengembangan: Teknologi pendidikan digunakan untuk mengembangkan bahan ajar dan kurikulum yang efektif dan efisien. Teknologi ini termasuk aplikasi dan perangkat lunak yang digunakan untuk merancang dan mengembangkan bahan ajar dan kurikulum.
  • Penggunaan: Teknologi pendidikan digunakan untuk memfasilitasi penggunaan dan pengajaran bahan ajar dan kurikulum. Teknologi ini dapat meliputi sistem manajemen pembelajaran, perangkat keras dan perangkat lunak multimedia, dan teknologi lainnya.
  • Evaluasi: Teknologi pendidikan digunakan untuk mengevaluasi efektivitas pengajaran dan pembelajaran. Teknologi ini termasuk alat untuk mengukur dan mengevaluasi kemajuan peserta didik, serta perangkat lunak untuk mengevaluasi efektivitas bahan ajar dan kurikulum.


    Dalam konsep dasar teknologi pendidikan menurut AECT, teknologi digunakan sebagai alat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Teknologi ini tidak menggantikan peran guru atau instruktur, tetapi digunakan untuk memfasilitasi pengajaran dan pembelajaran yang lebih baik. Dalam penggunaannya, teknologi pendidikan juga harus memperhatikan aspek etika dan privasi, serta menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan masyarakat.

    Dalam era digital dan teknologi yang semakin berkembang, konsep dasar teknologi pendidikan menjadi semakin relevan dan penting dalam memperbaiki kualitas pendidikan. Oleh karena itu, peran AECT dan organisasi profesional lainnya di bidang teknologi pendidikan sangat penting dalam mengembangkan konsep dasar dan menyebarluaskan praktik terbaik dalam penggunaan teknologi pendidikan.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.